Manfaatkan Buah dan Sayur Untuk Facial

Manfaatkan Buah dan Sayur Untuk Facial

Manfaatkan Buah dan Sayur Untuk Facial

Yuk, buat sendiri perawatan antiaging (anti-penuaan) untuk wajah Anda. Mudah, kok ! Cukup dengan menggunakan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan seperti yang dipaparkan Ashley Macha dari Health Magazine di bawah ini.

Sama seperti jika dikonsumsi, buah dan sayuran segar juga bagus jika diaplikasikan sebagai bahan facial pada kulit, terutama di wajah. Selain mengandung antioksidan tinggi, dua jenis makanan ini juga kaya akan vitamin C yang mampu melawan radikal bebas, mencegah keriput, dan  membuat kulit lebih kencang dan tampak lebih muda.

Delima

Memang perlu sedikit usaha untuk mengaplikasikan buah ini di kulit wajah Anda. Ambil sari dari buah ini, lalu tambahkan yogurt atau oatmeal. Paduan keduanya berfungsi sebagai s crub e xfoliating yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih halus.

Cara membuatnya : Haluskan 2 sdm biji delima dan 1 cangkir oatmeal mentah dengan food processor . Pindahkan ke dalam mangkuk lalu campurkan bersama 2 sdm madu (sebagai antiseptik) dan 2 sdm buttermilk. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah selama beberapa menit dan bilas. Ramuan ini bisa juga digunakan untuk menghaluskan bagian kulit yang kasar.

Cranberries

Cranberry dapat membantu pengelupasan kulit mati secara alami.

Cara membuatnya: Haluskan 1 cangkir cranberry segar, 1 cangkir anggur merah atau hijau tanpa biji, 2 sdt jus lemon, 1 amplop unflavored gelatin dengan kecepatan sedang selama 20 detik hingga mendapatkan tekstur seperti pasta. Tutup dan dinginkan selama 45 menit di dalam kulkas. Setelah itu keluarkan dan diamkan selama 10 menit. Oleskan pada kulit wajah yang bersih, kering, dan hindari daerah mata. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Perawatan ini baik dilakukan dua kali sebulan.

Labu kuning

Labu bagus untuk melembabkan dan melembutkan kulit.

Cara membuatnya: Haluskan 2 cangkir labu (kalengan), 4 sdm yoghurt vanili rendah lemak, 4 sdm madu, dan 1 sdt rempah-rempah pie labu. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas.

Stroberi

Berfungsi memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan memecah kolagen.

Cara membuatnya: Haluskan 1 cangkir stroberi beku atau segar. Lalu aduk bersama 1 cangkir vanilla atau yogurt polos, dan 11/2 sdm madu. Resep ini bisa Anda nikmati sebagai jus dan sisanya diaplikasikan ke kulit wajah. Terapkan 1-2 kali seminggu.

Madu

Madu membantu mempertahankan kelembaban kulit, menyembuhkan kulit kering atau pecah-pecah, serta mengencangkan dan menghaluskan kulit.

Cara membuatnya: Hangatkan madu dalam panci kecil di atas api kecil. Lalu terapkan di seluruh permukaan kulit dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan dinginkan wajah.

Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat, senyawa yang ditemukan dalam beberapa chemical peeling , yang dapat membantu menghilangkan noda, perubahan warna, dan mengurangi kerutan-kerutan halus.

Cara membuatnya: Campurkan 1 cangkir yoghurt dengan 2-3 tetes minyak almond atau zaitun dan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas dan keringkan.

Zaitun

Buah zaitun bagus digunakan sebagai masker untuk membantu pengelupasan kulit yang kasar serta menghilangkan kotoran dan sel kulit mati.

Cara membuatnya: Haluskan dalam food processor . Aplikasikan seperti lulur pada wajah.\

Teh hijau

Teh hijau sarat dengan senyawa anti-inflamasi dan tanin untuk membantu mengurangi bengkak pada kulit. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang melawan penuaan dini.

Cara membuatnya: Masukkan kantong teh basah ke dalam lemari es. Setelah dingin, aplikasikan ke atas mata (tertutup) selama 10-15 menit.

Brown sugar

Biji-bijian alami dalam gula membantu kulit kasar mengelupas dan mengangkat sel kulit mati.

Cara membuatnya: Masukkan 1/2 cangkir brown sugar dalam penggiling kopi dan buat teksturnya lebih halus dan sedikit abrasif (jika digunakan untuk tubuh tidak perlu digiling). Tambahkan 3 sdm minyak zaitun untuk kelembaban ekstra dan (jika ingin) sejumput pala untuk aroma. Aduk hingga membentuk pasta. Basahi wajah, oleskan ramuan dengan gerakan melingkar selama 1-2 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan perawatan ini dua kali seminggu.

Maple Syrup

Sirup maple murni yang sarat dengan senyawa antioksidan dapat membantu memperbaiki kerusakan radikal bebas dan tanda-tanda penuaan.

Cara membuatnya: Aduk 1 sdm maple syrup dengan 1 sdm susu hangat. Tambahkan 3 sdm oat halus dan aduk lagi. Pijat lembut ke wajah, diamkan 20 menit, lalu bilas, dan akhiri dengan mengoleskan wajah dengan pelembab.

Minyak zaitun

Minyak zaitun jika digunakan secara topikal dapat mengurangi peradangan, kerusakan radikal bebas, dan mencegah kerutan.

Cara membuatnya: Oleskan minyak zaitun langsung ke kulit, kemudian gosok dengan kain sampai kulit terasa halus, lalu bilas.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, serta mengandung vitamin B dan potasium yang juga dapat membantu melembabkan kulit dan bertindak sebagai masker pengelupasan untuk kulit kering.

Cara membuatnya: Campur 1 alpukat, 1 putih telur, 2 sdm oatmeal, dan 1 sdt jus lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali seminggu.

 

sumber : tabloidnova.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *